Bagaimana Cara Menonaktifkan / Aktifkan Secure Boot Di Semua Windows 8 Dan 10

Software - hai sobat faizaltech98, pada kesempatan kali ini saya akan memeberikan sebuah Tips&Trik lagi nih buat sobat semua yaitu bagaimana cara Mendisable / Menonaktifkan Secure Boot di semua Windows. baik itu Windows 8, 8.1, maupun Windows 10.

Kadang - kadang jika kita ingin menggunkan 2 Sistem Operasi pada PC / Laptop kesayangan kita pasti bios selalu terkunci oleh Secure Boot. Entah itu Windows, Linux Ubuntu atau sejenisnya dan juga Windows Fedora. Jika Secure Boot Aktif pada Komputer kalian, Sistem tidak akan mengizinkan dual Booting pada Sistem Operasi kalian misalnya jika kalian ingin Menggunakan RemixOS ataupun PhoenixOs maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu Mendisable fitur tersebut agar Dual Booting tersebut dapat diizinkan oleh si Sistem Operasi. 


Secure Boot terintegrasi dengan Bios pada Pc kalian. jadi secara singkatnya, kalian harus Me-restart Pc kalian pada Modus BIOS, perlu di ingat kalian hanya perlu menonaktifkan / mendisable Secure Boot dan jangan merubah pengaturan sistem BIOS.




Apa sih itu Secure Boot ?

Secure boot adalah sebuah fitur Windows 8 ataupun 10 yang mencegah pemuatan aplikasi berbahaya pada perangkat lunak, Driver, dan OS loader, yang tidak mengandung tanda tangan digital resmi selama prosess booting itu sendiri.
Opsi secure boot mulai datang pada Sistem Operasi Windows 8 ke atas jika muncul firmware UEFI.

Berikut adalah beberapa opsi yang diizinkan selama kalian menonaktifkan secure boot.

  • Booting windows menggunakan drive eksternal seperti USB ataupun CD.
  • Booting dual sistem operasi seperti dengan windows ubuntu, fedora ataupun yang sudah saya jelaskan di atas yaitu RemixOs dan PhoenixOS.
  • Booting windows menggunakan windows password / password recovery tool.
  • Menjalankan versi windows lama dan masih banyak lainnya.

Bagaimana Cara Menonaktifkan Secure Boot di Windows 8 ke atas ?
  • Cari atau search di toolbar windows yaitu Advanced Startup. Lalu tekan Change Advanced Startup Options seperti gambar dibawah ini.
  • Setelah kalian klik "Change advanced startup options", selanjutnya kalian hanya klik Restart Now di bawah advanced startup ini.
  • Perintah di atas tadi akan me-restart Pc kalian dalam mode advanced yang datang dari beberapa opsi yang kemungkinan kalian untuk mengkonfigurasi windows kalian. jika sudah, pengaturan baru akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot nantinya akan ada 2 opsi pilihan yaitu Reset your PC dan Advanced Options. jadi disini kita pilih yang kedua yaitu "advanced optios".
  • Jika sudah klik Advanced Options nantinya akan ada pilihan lagi, seperti gambar dibawah ini.
  • Langkah selanjutnya yaitu kita klik pada UEFI Firmware Setting. setelah kalian klik "UEFI Firmware Setting" sistem akan me-restart otomatis Pc / Laptop kalian, jika ada perintah satu lagi yaitu kalian tinggal pilih Restart.
  • Namun pada restart kali ini kalian akan memasuki Tampilan BIOS kalian masing-masing dan jangan kaget jika setiap komputer pasti memiliki tampilan yang berbeda-beda, dan perlu dingat kita hanya menonaktifkan secure boot saja sisanya jangan diubah karena akan mempengaruhi sistem operasi nantinya.
  • Jika masih bingung dengan tampilan BIOS kalian, selanjutnya klik F7 pada keyboard komputer atau laptop kalian masing-masing. maka pilihan advanced options akan tampil.
  • Disini kita hanya mencari Tab Security pada menu tadi. jika sudah ketemu kalian hanya perlu merubah dari Enable menjadi Disable dengan mengguanakan panah keyboard.
  • Jika sudah selanjutnya klik F9 dan kemudian save dan exit. tunggu hingga Komputer / laptop kalian masuk ke Menu Desktop.

Semenjak kalian menonaktifkan secure boot pada BIOS tadi, kalian dapat dengan mudah mengizinkan perangkat eksternal yang sebelumnya belum di izinkan. kalian juga dapat langsung menginstall Dual Windows sesuka hati kalian :)
Terima kasih telah membaca Artikel tentang Menonaktifkan secure boot pada Sistem Operasi Windows 8 dan 10.
Silahkan di Share jika Artikelnya menarik dan bermanfaat, dan juga silahkan tinggalkan Komentar jika kalian atau agan-agan masih bingung.

Share this